Rembuk Akbar Anggota, Regenerasi Kepemimpinan Menuju JQH Berkemajuan

 


Semarang, Regenerasi kepemimpinan adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap organisasi. Tak hanya sebagai penyegar wajah kepengurusan, regenerasi kepemimpinan juga sebagai upaya membentuk pemimpin baru yang punya visi kedepan dalam memajukan sebuah organisasi.

Hal inilah yang ditempuh oleh pengurus JQH el Fasya-el Febi’s dalam rangka Rebuk Akbar Anggota (RAA) 2023. Acara yang dilaksanakan pada 23-24 Desember di Kantor Kelurahan Kedungpane ini merupakan musyawarah besar organisasi yang bertujuan untuk memilih ketua umum, penyesuaian AD/ART dan perencanaan orientasi organisasi dalam satu tahun periode kedepan.

Acara yang diikuti oleh seluruh pengurus JQH periode 2023, alumni, dan tamu undangan ini dimulai dengan opening ceremony dan serangkaian amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah. Setelahnya kegiatan dilanjut dengan Laporan Pertanggungjawaban pengurus JQH periode 2023. Pada LPJ kali ini Alfian selaku ketua umum JQH 2023 menyatakan bahwa LPJ pengurus tidak bisa hanya dimaknai sebagai ajang laporan kinerja pengurus, namun pada sesi ini juga sebagai masukan dari peserta untuk kepengurusan mendatang agar dapat lebih baik dari kepengurusan sebelumnya. Spirit kemajuan begitu terlihat dari masukan-masukan dan koreksi yang disampaikan para peserta. Peseta yang sebagian besar berasal dari demisoner dan anggota aktif kompak menyampaikan masukan dan koreksi terhadap satu tahun kepengurusan JQH 2023.

Ada  hal yang menarik pada RAA kali ini. Hal ini dikarenakan adanya penambahan pembahasan mengenai Garis Besar Haluan Organisasi dan Garis Besar Haluan Kerja (GBHO-GBHK) dalam pleno ke 4 RAA. Ditambahkannya GBHO dan GBHK dalam pleno merupakan inovasi pengurus JQH untuk menentukan orientasi kinerja organisasi dan pengurus dalam satu tahun kepengurusan kedepan. Harapannya dengan adanya GBHO dan GBHK ini dapat menjadi menjadi panduan untuk program kerja pengurus.

Serangkaian sidang pleno berjalan lancar hingga acara pleno terakhir yakni pemilihan ketua umum dan ketua satu JQH el Fasya-el Febi’s 2024. Jika pada sidang pemilihan ketua umum sebelumnya memilih ketua umum JQH el Fasya-el Febi’s, namun pada pemilihan kali ini dipilih dua orang ketua yang masing-masing akan menahkodai kepengurusan JQH el Fasya dan JQH el Febi’s. Dalam keterangannya Alfian menyatakan tujuan dari pemisahan ketua umum ini ditujukan agar pergerakan organisasi lebih progresif dalam melkasanakan tugas dan kewajiban.

Proses pemilihan pemilihan ketua berjalan dengan demokratis melalui dua putaran. Yaitu putaran pertama untuk memilih tiga suara terbanyak dan putaran kedua untuk memilih ketua umum masing-masing JQH el Fasya-el Febi’s. Pada putaran kedua Arman Ubaidillah dan Ninik Faiqotul Jannah masing-masing terpilih sebagai ketua umum JQH el Fasya-el Febi’s periode 2024. Dengan terpilihnya ketua umum JQH periode 2024 mengakhiri masa kepengurusan JQH 2023 di bawah kepemimpinan Rachmad Renaldi Alfianta.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar