JQH eL-Fasya eL-Febi's Menggelar Pelantikan & Rapat Kerja Pengurus 2023



Kelurahan Gondoriyo, www.jqh.or.id Unit Kegiatan Mahasiswa Jami’atul Quro wal Hufadz mengadakan Pelantikan Pengurus dan Rapat kerja untuk periode 2023. Sabtu, (25/2)

Acara pelantikan pengurus dan rapat kerja ini dilaksanakan pada hari Sabtu (25/2) di Gedung Serba Guna Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Nuansa Interaktif Menuju JQH Progresif ”. Menurut Ketua panitia Djazuli Abdul Jabbar “Tema acara pelantikan pengurus dan rapat kerja ini merupakan bentuk dari corak kepengurusan tahun ini, diharapkan dengan adanya tema ini akan membentuk interaksi yang kuat antara pengurus dengan anggota JQH, disamping itu kita mampu untuk memprogresifkan organisasi islam ini untuk merespon fenomena dan tantangan zaman demi kemaslahatan masyarakat.”

Prosesi sakral untuk melakukan evaluasi dan rancangan UKM JQH ini dihadiri oleh Pembina dari dua fakultas yang berbeda, Dr. KH. Ali Imron M. Ag. sebagai Wakil Dekan I Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang yang menyerahkan amanat kepada Ketua Umum terpilih dengan prosesi simbolik pemotongan tumpeng. “Sebelum JQH menjadi UKM fakultas, saya dan kawan- kawan memulai gagasan keislaman di tengah keterbatasan biaya, namun setelah JQH telah bertransformasi menjadi UKM, secara otomatis segala kegiatan yang dilakukan organisasi ini mendapatkan suntikan dana dari fakultas, untuk itu manfaatkan dengan semaksimal mungkin dan jangan dijadikan sebagai formalitas saja,” imbuhnya. Terdapat sambutan yang menarik dari Hj. Lilik Musfirotun Ni’mah S.Ag M.Sy untuk mengilustrasikan sebuah organisasi sebagai kapal dalam lautan Samudra “ Organisasi pada dasarnya adalah kapal yang menaungi seluruh orang yang ada di dalamnya, maka dari itu perlu adanya komunikasi, koordinasi, dan konsistensi untuk menjadikan UKM ini menjadi fasilitator bagi setiap divisi yang ada di dalamnya, guna mencapai visi misi yang diinginkan semua anggota JQH,” tambahnya.

            Dalam prosesi pelantikan ini juga di hadri pengurus, demisioner, dan anggota keluarga JQH El- Fasya El Febi’s. Hal yang menyangkut arah gerak organisasi kedepan serta diimplementasikan dalam sesi pembahasan tata tertib sidang, serta pembahasan mengenai sidang pola tata kerja. Sesi selanjutnya berjalan panas, menarik, dan mengundang banyak atensi dari demisioner pada penyampaian program kerja badan pengurus harian. “Karena senior ingin mengetahui konsep serta gambaran dasar guna merealisasikan dan memperjuangkan program kerja JQH pada kepengurusan tahun ini,” ujar Shofa A’inun Huda sebagai demisioner JQH periode kepengurusan 2021. Ada satu saran dan masukan yang penting disampaikan oleh Dr. KH. Ahmad Izzudin M.Ag selaku Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum “JQH sebagai UKM unggul dalam lingkup fakultas yang seharusnya memiliki sikap taaddub dan menjunjung tinggi akhlakul karimah dalam segala bentuk tindakannya, karena JQH adalah organisasi berbasis Al- Qur’an dan nilai- nilai keislaman,” tambahnya. 

            Kendala berarti dari prosesi pelantikan pengurus dan rapat kerja ini adalah soal estimasi waktu yang sedikit dalam penyampaian program per divisi berjumlah 6 divisi. “Jangan karena waktu, kita mengurangi esensi dari pemaparan program kerja menjadi formalitas saja dan mengesampingkan substansi,” tegas Ibnu Aqil selaku Ketua Umum JQH tahun 2021. Selebihnya, acara pelantikan pengurus dan rapat kerja yang di laksanakan mulai pukul 09.00 sampai 22.00 ini berlangsung khidmat sampai seluruh sesi berakhir.


   A. Najid Asy-Syafiq

Posting Komentar

0 Komentar