ALAT MUSIK REBANA 'JQH'

Atas Habsyi. Bawah Semarangan
Perkembangan zaman tidak menjadi penghalang bagi konsistensi musik Rebana. Semakin berkembangnya zaman, diikuti pula oleh berkembangnya alat-alat musik Rebana, yang semakin membawa warna-warni dunia musik Rebana. Begitu pula konsistensi UKM JQH agar selalu bersama masyarakat melantunkan sholawat, qosidah dan syair arab lainnya.

Rebana Klasik

Rebana Klasik merupakan jenis rebana yang masih menggunakan alat-alat tradisional. Jenis-jenis Rebana Klasik diantaranya:

Rebana Habsiy

adalah jenis rebana yang menggunakan alat musik seperti Terbang, Bas Tung, Dumbuk pinggang, dan Marawis. Jenis rebana seperti ini biasanya di gunakan untuk mengiringi bacaan maulid, seperti simtuddurar, dziba. 

Rebana Klasik Semarangan

merupakan jenis rebana yang dikenal diwilayah Kota Semarang. Jenis ini menggunakan alat-alat seperti Rebana, Dumbuk, Ketiplak, Kenting, Jidur, dan Tamborin. Jenis rebana seperti ini biasanya sering dipakai dalam perlombaan rebana disekitar Semarang.

Rebana modern

Rebana modern merupakan jenis rebana yang sudah menggunakan alat-alat music modern, seperti orgen, mandolin, gitar bas, biola, dan lain-lain. Jenis-jenis Rebana Modern yaitu:

Rebana Semarangan Modern

Hampir mirip dengan jenis Rebana Semarangan Klasik. Hanya saja Rebana Semarangan Modern ditambah menggunakan alat-alat musik elektronik. Seperti halnya biola dan orgen. 

Rebana Balasik

Rebana Balasik merupakan jenis permainan Rebana yang hampir seluruhnya menggunakan alat modern. Seperti dumbuk, shamir/darbuka, tam-tam, mandolin, biola, orgen, bass betot, dan lain-lain.

Posting Komentar

0 Komentar