Jadi Wisudawan Terbaik FEBI, Dharma: Organisasi Bukan Penghalang Kuliah

 

Dharma, usai prosesi wisuda periode Februari 2021

Rabu (17/02/2021) UIN Walisongo Semarang mengadakan wisuda S1, S2, S3 dan Diploma ke-28. Mantan Koordinator Tafsir & Bahtsul Kutub UKM JQH eL-Fasya eL-Febi's, Darma Taujiharrahman asal Semarang berhasil di nobatkan sebagai wisudawan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) periode Februari 2021.

Hanya kurun waktu 3,5 tahun Dharma mampu menyelesaikan studinya di UIN Walisongo Semarang. Wisudawan dari jurusan S1 Perbankan Syariah ini memperoleh predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,92. 

Dengan berbagai macam organisasi dan aktif di dalamnya, diantaranya IPNU, PMII, JQH El Febis, Komunikasi Bisnis FEBI, dan Laboratorium MINIBANK FEBI, soal kuliah, Dharma memiliki beberapa cara bagaimana memenage waktu agar tidak saling bentrok antara kuliah dan organisasi. 

"Kalo soal organisasi ya berjalan aja, dan belajar mestinya bijak dalam mengaturnya yakni disempatkan, kan banyak platform pendukung bisa baca-baca jurnal, nonton Youtube, nonton IG, baca buku, diskusi sama teman dan lain-lain. Supaya lebih banyak menambah wawasan," terangnya. 

Untuk meraih predikat terbaik Se fakultas ternyata Dharma memiliki waktu dalam 3-4 bulan untuk menyelesaikan Tugas Akhir-nya. Pihaknya juga berpesan bahwasannya jika ingin dinobatkan sebagai wisuadawan terbaik se fakultas nilai dicicil dari Semester satu. Nilai tetap di jaga supaya tetap optimal hingga semester kedepannya.

"Kalo terbaik fakultas dicicil dari semester satu nilai makulnya dijaga biar ga anjlok Skripsi kalo gak salah 3-4 bulan selesai, dan jika merasakan kemalasan untuk mengerjakan skripsi, istirahat dan kebetulan saya suka nonton anime,"

Ia juga memberikan tips untuk mahasiswa-mahasiswa lainnya dan tentunya memberi pesan-pesan untuk generasi UKM JQH. 
"Mumpung masih muda banyak belajar, kritis yang solutif, belajar analisa, belajar metodologi penelitian Apalagi banyak media yang bisa dipakek, kadang dosen-dosen memberi tugas menyuruh kita resume jurnal maupun artikel, nah jangan Asal-asalan dalam mengerjakan di pahmai isi nya dan penulisannya supaya tidak capek-capek ngerjain sedangkan kita tidak paham hanya ngeluarin tenaga saja. Dan untuk adek-adek JQH tetap semangat. Kalo butuh tanya-tanya masalah skripsi atau penelitian bisa join di kajiannya Bahtsul Kutub," pungkasnya. 

(Hana) 

Posting Komentar

0 Komentar