Guna Mencetak Generasi Islami, JQH gelar OPTIKA









Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurro` Wal Huffadz (JQH) el-Fasya eL-Febi’s UIN Walisongo Semarang menggelar Orientasi Pengenalan Tilawah dan Kajian Al-Qur`an (OPTIKA) di gedung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mangkang Semarang.  Sabtu-Ahad, (21-22 September 2019).


Mengusung tema “Melestarikan Seni Islami untuk Mewujudkan Generasi Muda yang Berkarakter Islami”, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kajian dan seni Islami seperti tilawah, rebana, kaligrafi, bastul kutub, bahasa Arab, dan kajian Al-Qur’an. Selain itu OPTIKA juga bertujuan untuk membentuk kader-kader JQH guna melestarikan kajian dan seni Islami di lingkungan UIN Walisongo. 


“Tujuannya ya tak lain untuk mengenalkan kajian dan seni Islami yang ada di JQH. Kemudian untuk membentuk kader-kader dalam melestarikan seni-seni Islami,” Ucap Miftah, ketua panitia OPTIKA 2019.


Acara yang berlangsung dua hari itu dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), H. Ahmad Izzuddin. Dalam sambutannya beliau turut mendukung dan mengapresiasi  adanya kegiatan OPTIKA ini. Mengingat FSH berhasil meraih medali emas dalam cabang lomba di event ORSENIK kemarin dalam cabang lomba kajian dan seni Islami, beliau berharap mahasiswa FSH dapat bergabung  dan menjadikan JQH sebagai wadah bakat dan minat dalam kajian dan seni Islami tersebut. 


“Saya begitu mendukung dan sangat mengapresiasi kegiatan optika ini. Kemarin pas orsenik, salah satu kader dari JQH ini juga membanggakan fakultas di lomba MQK. Saya pun ikut bangga. Nah karena fakultas punya UKM yang menampung bakat-bakat tersebut apa salahnya adek-adek ini bergabung dengan UKM JQH. Oleh karena itu, saya harap mahasiswa  bisa menjadikan JQH wadah menyalurkan bakat dan minat dalam kajian seni Islami,” tutur pengasuh PONPES Darun Najah Life Skill.


Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 76 anggota baru JQH ini mendatangkan beberapa narasumber dari senior angkatan 1994 untuk mengisi materi ke-JQH-an. Diantara yaitu Amirudin Sholeh (pendiri JQH pertama)


Sabah Erdiansyah, ketua Umum UKM JQH berharap terselenggaranya OPTIKA ini mampu menciptakan kader yang mampu melanjutkan tongkat estafet perjuangan para senior terdahulu dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.


 “Dengan adanya kegiatan OPTIKA ini diharapkan anggota baru mampu menjadi kader-kader yang kelak akan melanjutkan perjuangan senior-senior yang telah merintir UKM JQH di UIN Walisongo dari bawah dan dapat berguna untuk masyarakat sekitar,” kata mahasiswa asal Indramayu itu.



Eva N.A


Posting Komentar

0 Komentar