Peluang bisnis yang menggiurkan dengan GRC (Gypsum, Rofing, dan Cement)



Kudus- (13/10/18). Workshop kaligrafi yang diselenggarakan oleh UKM JQH eL-Fasya eL-Febi’s bekerja sama dengan PSKQ Kudus yang diasuh oleh Ustadz Assiry, motor penggerak seni kaligrafi terapan di Indonesia. Materi workshop kali ini adalah tentang kaligrafi GRC.

Apa itu kaligrafi GRC? Bagaimana cara membuatnya?.

GRC merupakan singkatan dari Gypsum, Rofing, dan Cement. Kaligrafi GRC tergolong ke dalam kaligrafi terapan yang dapat dimanfaatkan untuk desain interior ruang, hiasan dinding, dan tekstur dinding yang variatif. Bahan-bahan dasar pembuatan kaligrafi GRC sangat mudah sekali ditemui di toko-toko bangunan. Oleh karena itu, sebenarnya kaligrafi GRC merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Nah, udah tau kan apa itu kaligrafi GRC?.

Lanjut ke penjelasan how to make the GRC calligraphy. Jangan lupa, perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama. Karena ini akan sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi anda, pembaca yang budiman. Ini bukan ilmu sembarangan, hehehe.

Di workshop kaligrafi GRC part 1 ini materinya adalah kaligrafi GRC untuk desain interior ruang. Oke, langsung ke pembahasan langkah-langkah pembuatannya. 

• Bahan-bahan:
  1.   Spons.
  2.   Gypsum Casting A+.
  3.   Semen. 4. Rofing (serat fiber).
  4.   Air.


• Langkah-langkah pembuatan:
  1. Buat cetakannya dulu. Bahannya dari spons. Caranya bentuklah cetakannya dulu dengan menggabungkan spons-spons tadi menjadi satu bentuk yang diinginkan. Misalkan ingin membentuk lafadz jalalah menggunakan Khot Kufi menjadi bentuk persegi.
  2. Campurkan Gypsum Casting A+ dengan semen dengan komposisi 2:1.
  3. Tuangkan air ke dalam wadah yang berisi Gypsum Casting A+ dan semen. Perbandingannya 1:2. Jangan terlalu encer jangan terlalu kental.
  4. Aduk hingga rata.
  5. Tuang adonan tadi ke dalam cetakan. 
  6. Campurkan serat fiber ke dalam adonan yang ada dalam cetakan, lalu tutupi lagi dengan adonan baru.
  7. Tunggu sampai kering. Biasanya memakan waktu 15 menitan.
  8. Pisahkan GRC yang sudah kering dari cetakannya.
  9. Kaligrafi GRC siap dipasang sebagai desain interior ruang anda.


Kenapa kaligrafi GRC bisa dikatakan sebagai peluang bisnis yang menggiurkan? Karena harga pasarannya per meter persegi adalah Rp. 1.000.000,- . Padahal modal awalnya sangat terjangkau sekali. Makanya, ayo segera praktekkan dan pasarkan. Oh, iya jangan lupa kalau membuat kaligrafi GRC harus dengan cinta setulus hati supaya hasilnya bagus. Selamat Mencoba. ;)
Salam Semangat, Salam JQH

Oleh Akmal

Foto kegiatan bisa dilihat DISINI

Posting Komentar

0 Komentar