Slide Show

  • Ketika tampil di Kampus 3 UIN Walisongo
  • Anggota JQH setelah selesainya kegiatan Gebyar Festifal Islami 2014
  • Bersama Kyai Bisri Musthofa pada acara Semarak Miladiyyah UKM JQH tahun 2013
  • Keluarga JQH ketika muncak di Gunung Ungaran
  • Dalam acara UIN Walisongo Mengaji, Semarak Miladiyyah JQH eL-Fasya ke-23 2017
  • Kegiatan pengenalan calon anggota baru sebelum mengikuti OPTIKA
  • Divisi Arab saat belajar bersama di wisata alam Semarang
  • Setelah melakukan latihan rutin Divisi dan setelah menyelesaikan kegiatan di PRPP Semarang
  • Anggota JQH di UINSIQ Wonosobo tahun 2016
  • Bertepatan dengan PHBI Bulan Maulid 2017
  • Bersama Habib Rizal Semarang
  • Tampil di acara FEBI FAIR 2018
  • Tampil Mengisi Penutupan Acara FSI HIQMA UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta2018
  • Penampilan Salah Satu Peserta Lomba Rebana dalam Acara GFI JQH
  • Bersama Gus Mus Dari Rembang
  • Di Taman Miniatur Surga Bandungan

Semarak Miladiyah Ke 22 JQH eL-Fasya UIN Walisongo


UKM JQH EL-FASYA - Sebuah lembaga intra kampus Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang sebentar lagi akan menggemparkan kota Semarang. Sebuah kota yang terkenal dengan lawang sewunya. 
Lembaga intra tersebut bernama unit kegiatan mahasiswa Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz (UKM JQH). Lembga ini fokus kegiatannya bernafaskan seni dan kajian islami. Di lembaga itu terdapat enam bidang garapan divisi, yakni divisi tilawah, divisi tahfidz, divisi kaligrafi, divisi tafsir dan bahtsul kutub, divisi bahasa arab, dan divisi rebana.
Dari keenam divisi tersebut, beberapa diantaranya yang siap dikemas dalam sebuah kegiatan dalam rangka Semarak Miladiyah ke 22 UKM JQH eL-Fasya. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 21-27 Maret 2016 di Kampus III UIN Walisongo Semarang. Oleh karena itu jangan sampai ketinggalan ya gaess… 
Ohy bentuk / rangkaian acara pada Semarak Miladiyah kali ini ada dibawah ini : 
1. Arwah Jama’ 
Sebuah kegiatan mulia yang dilaksanakan secara bersama-sama untuk mendo’akan para leluhur dan pahlawan bangsa. Dengan menghatamkan al-Qur’an secara serentak yang dilaksanakan oleh teman-teman UKM JQH dan masyarakat umum. Arwah jama’ ini dikatakan sebagai bentukvkegiatan yang bertujuan untuk kesuksesan acara. Karena kegiatan ini merupakan urutan pertama dari beberapa rangkaian semarak miladiyah ke 22 UKM JQH eL-Fasya.
Kegiatan arwah jama’ akan dilaksanakan pada hari Senin, 21 Maret 2016 di masjid kampus III UIN Walisongo. Dimulai dengan membaca tawassul di malam harinya yang dibacakan oleh beberapa anggota dari ukm jqh. Dan pembacaan tawassul ini biasanya memerlukan waktu sampai berjam-jam. Karena haruss membaca semua nama arwah yang telah disetorkan ke panitia guna dido’akan. Dan kemudian dilanjut membaca al-qur’an secara serentak di pagi harinya (21/03/2016). 

2. Parade Kaligrafi Nasional
Pertemuan para seniman kaligrafi yang ada di nusantara untuk menorehkan sebuah karya mulia yang patut disyukuri. Sebuah kegiatan yang jarang terlihat oleh masyarakat umum bahkan mahasiswa. Dan kini bisa dipastikan terlihat secara bebas di Audit II Kampus III UIN Walisongo. Tepatnya pada hari Selasa, 22 Maret 2016.
Dalam parade kaligrafi nasional ini kurang lebih ada Sembilan lebih delegasi dari perguruan tinggi islam yang ada di Indonesia, diantaranya ; UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, IAIN Surakarta, IAIN Salatiga, dan beberapa perguruan lainnya.
Dan tidak ketinggalan juga dalam parade kaligrafi nasional ini teman-teman bisa bertemu langsung dengan tokoh kaligrafi internasional yang berasal dari Pondok Kaligrafi Kudus. Maka jangan sampai ketinggalan deh,,,, 

3. Gebyar Festival Islami
GFI 2016 - Dengan empat cabang lomba yang akan diselenggarakan secara serentak di hari Rabu, 23 Maret 2016 di kampus III UIN Walisongo. Ada lomba tilawah yang bertempat di masjid kampus III, lomba hafiz cilik yang bertempat di gedung serba guna / gedung olah raga di timur laboratorium dakwah, lomba kaligrafi bertempat di audit II dan disandingkan dengan lomba rebana.
Lomba kali ini secara umum hampir sama dengan lomba yang pernah diadakan dua tahun sebelumnya, yakni pada Semarak Miladiyah ke 20. Hanya saja untuk semarak miladiyah ke 22 ini ada tambahan satu cabang lomba yaitu hafiz cilik yang insya allah akan digelar secara meriah. 

4. Parade Seni Musik Islami
Acara yang bertema-kan “ Malam Symphony Nada dan Dakwah “ insya allah akan dimeriahkan oleh grup rebana JQH dan penampilan musik seni islami dari Teater ASA Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo. Kalau sebelumnya (Semarak Miladiyah ke 20) pengisi acara malam puncak diisi oleh UKM Seni Islami se-Jawa, tapi untuk kali ini kami akan memperkenalkan produk lokal sendiri,,,
Sebuah pagelaran musik bernuansa islami siap menghibur para peserta dan semua hadirin yang berkenan hadir. Dan juga sebagai sarana dakwah agar acara ini bisa memberi motivasi dengan syair-syairnya. Mampu menjadi sarana dakwah untuk tetap menuju ke jalan yang benar. Dan sekalian ajang promosi dari karya mulia seni islami dari UIN Walisongo Semarang.
Acara ini akan dimulai kurang lebih pukul 18.30 WIB di audit II Kampus III UIN Walisongo Semarang. Dan disela-sela rentetan manual acara juga terdapat beberapa acara tambahan seperti penampilan darbuka yang diisi oleh DSC “ Darbuka Semarang Club “ sebagai lambang semangat untuk generasi muda agar tetap jaya dalam kesenian islami. Dan acara penghargaan atas karya mulia dari 30 peserta parade kaligrafi nasional. 

5. Temu Alumni dan Tasyakuran Hari Lahir
Sebuah acara intern dalam rangka melepas lelah dengan bertemu para pendiri JQH dan para pejuangnya. Sebagai bentuk rasa syukur atas semua kegiatan besar yang telah berjalan tepatnya hari Ahad, 27 Maret 2016. Acara ini akan dilaksanakan di gedung G.4 dan gedung G.5 Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo.
Dalam acara ini, panitia akan mengundang semua senior ukm jqh terutama beberapa orang yang merupakan pendiri ukm jqh ini. karena mungkin moment berkumpul dengan para pendiri sangat jarang dilaksanakan sehingga sebagai napak tilas juga ketika awal-awal berdirinya ukm jqh ini. Dan generasi berikutnya yang akan melanjutkan ukm jqh ini dapat melaksanakan amanah di jqh dengan sudah tahu awal mula berdirinya ukm jqh.

Pamflet ada di bawah ini...

Posting Komentar

0 Komentar