Slide Show

  • Ketika tampil di Kampus 3 UIN Walisongo
  • Anggota JQH setelah selesainya kegiatan Gebyar Festifal Islami 2014
  • Bersama Kyai Bisri Musthofa pada acara Semarak Miladiyyah UKM JQH tahun 2013
  • Keluarga JQH ketika muncak di Gunung Ungaran
  • Dalam acara UIN Walisongo Mengaji, Semarak Miladiyyah JQH eL-Fasya ke-23 2017
  • Kegiatan pengenalan calon anggota baru sebelum mengikuti OPTIKA
  • Divisi Arab saat belajar bersama di wisata alam Semarang
  • Setelah melakukan latihan rutin Divisi dan setelah menyelesaikan kegiatan di PRPP Semarang
  • Anggota JQH di UINSIQ Wonosobo tahun 2016
  • Bertepatan dengan PHBI Bulan Maulid 2017
  • Bersama Habib Rizal Semarang
  • Tampil di acara FEBI FAIR 2018
  • Tampil Mengisi Penutupan Acara FSI HIQMA UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta2018
  • Penampilan Salah Satu Peserta Lomba Rebana dalam Acara GFI JQH
  • Bersama Gus Mus Dari Rembang
  • Di Taman Miniatur Surga Bandungan

Demo Divisi kaligrafi

Semarang, 09 September 2015 – Salah satu lembaga mahasiswa Kampus UIN Walisongo Semarang yang bernama UKM Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadz eL-Fasya eL-Febi’s mengadakan kegiatan yang bernama “ DEMO SENI “. Demo Seni disini adalah sebuah kegiatan pembuatan kaligrafi dengan media yang berukuran tidak seperti biasanya. Media yang digunakan untuk membuat karya kaligrafi tersebut bukan dari kain kanvas yang biasa digunakan oleh seniman kaligrafi, melainkan dari MMT bekas kegiatan yang sudah tidak digunakan.
Demo Divisi Kaligrafi JQH eL-Fasya eL-Febi's
Kegiatan demo ini merupakan salah satu trik UKM JQH eL-Fasya eL-Febi’s untuk menarik perhatian semua kalangan di lingkungan kampus, khususnya mahasiswa baru. Hal ini juga sebagai salah satu cara untuk menarik mahasiswa baru agar mereka bergabung di UKM JQH. eL-Fasya eL-Febi’s. Bukan itu saja, demo seni tersebut juga sebagai salah satu bentuk nyata untuk mewujudkan visi UKM JQH, yaitu membumukan seni dan kajian Islami. 
Karena teringat pada visi dari UKM JQH eL-Fasya eL-Febi’s tersebut adalah membumikan seni dan kajian islami. Sehingga dari visi yang dituangkan dalam kegiatan demo semacam ini berharap bisa membawa nuansa kampus yang memiliki nilai tinggi dalam bidang seni islami.
Demo kaligrafi ini dilangsungkan selama tiga hari berturut-turut di depan gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Tepatnya dimulai pada hari Selasa – Kamis, 08-09 September 2015. Hari pertama merupakan langkah awal dalam pembuatan rangka yang dijadikan alas untuk menulis kaligrafi. Rangka yang dibuat hanya 2 buah. Namun dari jumlah kecil ini berharap menjadi patokan untuk bisa membuat dalam jumlah yang banyak. Dari 2 buah rangka ini teman-teman UKM JQH mempersiapkan beberapa batang kayu reng dan 2 buah MMT bekas.
Dilanjut hari kedua, pembuatan background dan tulisan kaligrafi dimulai sekitar pukul 11.00 WIB. Lalu siapakah yang melukis demo kaligrafi tersebut ?. yaa, salah satunya dalah Chasan Bisri yang merupakan koordinator divisi kaligrafi UKM JQH eL-Fasya eL-Febi’s. Dia masih semester 3 tapi tidak disangka kalau penghargaan sudah tidak bisa dihitung. Pelukis satunya adalah Sony yang merupakan anggota UKM JQH eL-Fasya El-Febi’s angkatan 2013. Dia asli kelahiran Semarang dan karyany sudah banyak mendapat pujian dari semua kalangan termasuk di UKM JQH eL-Fasya eL-Febi’s sendiri.
Sebuah DEMO yang jarang dilihat oleh semua orang, bahkan bisa jadi baru pertama demo seni yang diadakan oleh sebuah lembaga kampus. Maka dari itu, UKM JQH eL-Fasya eL-Febi’s sendiri tetap bertekad untuk mengadakan demo semacam ini. Dan rencana dari hasil DEMO KALIGRAFI ini akan dipamerkan pada acara “Ta’aruf UKM JQH El-Fasya El-Febi’s UIN Walisongo Semarang “ yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 10 September 2015. Tepatnya pukul 15.00 – 18.00 WIB disamping Audit 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang.
Sekilas Tentang UKM JQH El-Fasya El-Febi’s UIN Walisongo Semarang
UKM JQH eL-Fasya El-Febi’s adalah organisasi mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah dan fakultas ekonomi dan bisnis islam  UIN Walisongo Semarang yang resmi berdiri sejak tanggal 26 Maret 1994 (el-fasya) dan 01 juni 2014 (el-febi’s). Konsentrasi kegiatannya terdapat pada kegiatan-kegiatan yang bernafaskan religi. Beberapa kegiatan yang telah berlangsung selama ini adalah: kajian Tafsir yang digawangi oleh Divisi Tafsir, pelatihan rebana yang digawangi oleh Divisi Rebana, pelatihan dan pembinaan tilawah Al Qur’an yang digawangi oleh Divisi Tilawah, sima’an dan kajian Al-Quran yang digawangi oleh Divisi Tahfidz, dan pelatihan serta pembinaan seni kaligrafi yang digawangi oleh Divisi Kaligrafi serta Divisi Bahasa Arab sebagai sarana pembelajaran dan pembinaan Bahasa Arab. 
Sebagai satu-satunya UKM di bawah naungan Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang konsentrasi kegiatannya adalah kegiatan - kegiatan yang bernafaskan religi, maka terpikir dalam benak teman-teman UKM JQH ini untuk mengadakan salah satu kegiatan yang unik. Karena kegiatan itu nantinya akan dinamai dengan “DEMO KALIGRAFI” dan ini bertujuan untuk menarik pandangan semua kalangan yang ada di kampus UIN Walisongo.

Posting Komentar

0 Komentar