Slide Show

  • Ketika tampil di Kampus 3 UIN Walisongo
  • Anggota JQH setelah selesainya kegiatan Gebyar Festifal Islami 2014
  • Bersama Kyai Bisri Musthofa pada acara Semarak Miladiyyah UKM JQH tahun 2013
  • Keluarga JQH ketika muncak di Gunung Ungaran
  • Dalam acara UIN Walisongo Mengaji, Semarak Miladiyyah JQH eL-Fasya ke-23 2017
  • Kegiatan pengenalan calon anggota baru sebelum mengikuti OPTIKA
  • Divisi Arab saat belajar bersama di wisata alam Semarang
  • Setelah melakukan latihan rutin Divisi dan setelah menyelesaikan kegiatan di PRPP Semarang
  • Anggota JQH di UINSIQ Wonosobo tahun 2016
  • Bertepatan dengan PHBI Bulan Maulid 2017
  • Bersama Habib Rizal Semarang
  • Tampil di acara FEBI FAIR 2018
  • Tampil Mengisi Penutupan Acara FSI HIQMA UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta2018
  • Penampilan Salah Satu Peserta Lomba Rebana dalam Acara GFI JQH
  • Bersama Gus Mus Dari Rembang
  • Di Taman Miniatur Surga Bandungan

Tentang JQH eL-Fasya

Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyatul Qurra’ walHuffadz eL-Fasya (UKM – JQH eL-Fasya) adalah salah satu organisasi mahasiswa yang berada di bawah naungan Fakultas Syari’ah. UKM JQH eL-Fasya secara resmi didirikan pada tanggal 26 Maret 1994.
UKM JQH eL-Fasya

Kegiatan UKM JQH eL-Fasya berkonsentrasi dibidang kerohanian melalui beberapa divisi yang memiliki aspek kajian dan kesenian Islam, di antaranya: 
a. Divisi Tilawah 
Divisi ini mengkaji Al-Qur’an dengan seni islam yakni Tilawah. Tilawah adalah pembacaan Al-Qur’an dengan nada atau lagu indah yang telah ditentukan sesuai makharijul huruf dan tajwidnya. 
b. Divisi Tahfidz 
Divisi ini mengkaji Al-Qur’an dengan metode menjaga kemurnian atau menghafal Al-Qur’an. 
c. Divisi Tafsir dan Bahtsul Kutub 
Divisi ini mengkaji berbagai pedoman Islam, baik mengkaji Al-Qur’an dan Al-Hadits maupun kitab-kitab kuning karangan para ulama’. 
d. Divisi Kaligrafi 
Divisi ini mengkaji Al-Qur’an, Hadits dan dalil-dalil islam lainnya lewat seni menulis dengan huruf indah sesuai kaidah yang telah ditentukan. 
e. Divisi Rebana 
Divisi yang satu ini berkonsentrasi pada syiar islam berbasis seni musik. Lewat berbagai sholawat yang dilantunkan diiringi musik-musik tradisional islam. Dengan berkembangnya zaman juga menggunakan musik-musik modern. 
f. Divisi Bahasa Arab 
Divisi ini lebih fokus pada pendalaman berbahasa arab. Mulai kosakata, percakapan dan sebagainya.

Untuk melestarikan kegiatan keislaman mahasiswa Fakultas Syari’ah UIN Walisongo, diperlukan kegiatan yang berkesinambungan baik bentuk latihan dan kajian Islami. Pelestarian dan pengembangan tersebut harus ditanamkan guna bekal syi’ar ke masyarakat kelak setelah lulus dari UIN Walisongo Semarang.
Didirikannya UKM JQH sebagai bentuk rasa prihatin karena minimnya kegiatan-kegiatan yang bersifat religi. Padahal UIN Walisongo itu sendiri merupakan perguruan tinggi berbasis islam. 
Alhamdulillah, kini Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyatul Qurra’ walHuffadz eL-Fasya (UKM-JQH eL-Fasya) sedikit demi sedikit mengalami kemajuan dengan memanfaatkan berbagai departemen yang ada didalamnya, diantaranya: 
a. Pengkaderan 
Departemen ini berkewajiban mencari, membimbing, merawat serta mengembangkan hingga menjadi kader yang siap mengkader anggota lainnya untuk kepentingan organisasi. 
b. Rumah Tangga 
Departemen ini bertanggung jawab atas perawatan sarana dan prasarana yang disediakan untuk organisasi. 
c. Hubungan Masyarakat 
Departemen ini mencari serta mengelola berbagai jaringan di luar organisasi agar selalu terhubung dengan baik. 
d. Kesejahteraan Masyarakat 
Departemen ini menjaga relasi antar anggota, mempererat tali persaudaraan untuk loyalitas, solidaritas dan sejenisnya. 

Selain itu, UKM JQH eL-Fasya juga sering berpartisipasi di berbagai event untuk lebih dikenal ditengah masyarakat, baik event yang diadakan oleh pihak luar organisasi atau oleh UKM JQH eL-Fasya sendiri seperti IAIN Walisongo Bersholawat bersama Habib Luthfi dari Pekalongan, Gebyar Festival Islami dengan mengundang UKM JQH Al-Mizan (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan UKM HIQMA (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) serta UIN Walisongo Bersholawat bersama KH. Musthofa Bisri (Gus Mus) dari Rembang. 
Hal ini menjadikan semakin terpacunya para mahasiswa untuk mensyi’arkan yang sebagaimana mestinya sebagai seorang muslim yang membidangi berbagai kajian-kajian keislaman untuk mencapai maksimalisasi kegiatan yang diadakan untuk berbagai event serta ada hasil yang manfaat untuk masyarakat luas.

Posting Komentar

0 Komentar