Slide Show

  • Ketika tampil di Kampus 3 UIN Walisongo
  • Anggota JQH setelah selesainya kegiatan Gebyar Festifal Islami 2014
  • Bersama Kyai Bisri Musthofa pada acara Semarak Miladiyyah UKM JQH tahun 2013
  • Keluarga JQH ketika muncak di Gunung Ungaran
  • Dalam acara UIN Walisongo Mengaji, Semarak Miladiyyah JQH eL-Fasya ke-23 2017
  • Kegiatan pengenalan calon anggota baru sebelum mengikuti OPTIKA
  • Divisi Arab saat belajar bersama di wisata alam Semarang
  • Setelah melakukan latihan rutin Divisi dan setelah menyelesaikan kegiatan di PRPP Semarang
  • Anggota JQH di UINSIQ Wonosobo tahun 2016
  • Bertepatan dengan PHBI Bulan Maulid 2017
  • Bersama Habib Rizal Semarang
  • Tampil di acara FEBI FAIR 2018
  • Tampil Mengisi Penutupan Acara FSI HIQMA UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta2018
  • Penampilan Salah Satu Peserta Lomba Rebana dalam Acara GFI JQH
  • Bersama Gus Mus Dari Rembang
  • Di Taman Miniatur Surga Bandungan

Orientasi Pengenalan Tilawah dan Kajian Al-Qur'an (OPTIKA)

PENGERTIAN
OPTIKA adalah singkatan dari Orientasi Pengenalan Tilawah dan Kajian Al-Qur'an. OPTIKA adalah sebagai pintu gerbang terakhir masuknya Calon Anggota UKM JQH eL-Fasya untuk dinyatakan sebagai anggota tetap, setelah sebelumnya telah dikenalkan melalui Expo UKM yang diadakan oleh pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dalam Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) dan Ta'arufan yang diadakan oleh UKM JQH eL-Fasya sendiri.
OPTIKA yang ada di JQH eL-Fasya memiliki sejarah tersendiri. Sebelum tahun 2010, JQH eL-Fasya mengadakan OPTIKA layaknya Ta'arufan, yang diisi dengan Gambaran beberapa divisi yang ada di UKM JQH eL-Fasya.
Sebelum tahun 2010, OPTIKA yang hanya beberapa jam itu diisi dengan hiburan Rebana sebagai tanda akan dimulainya acara. Setelah mencapai waktu yang ditentukan, acara dimulai dengan pembukaan. Dilanjutkan dengan Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta Lantunan Lagu Mars JQH. Setelah itu, sambutan dari Ketua Umum dan Presentasi beberapa divisi yang berlangsung hanya beberapa menit.
Konsep yang semacam itu, baru diperbarui pada tahun 2011. Menggunakan konsep yang berlangsung 2 hari, tanpa meninggalkan tradisi lama yaitu OPTIKA yang diganti dengan nama Ta'aruf JQH eL-Fasya. Dari sinilah para calon anggota diberi wawasan tentang apa yang ada dalam UKM JQH eL-Fasya.
Diawali upacara pembukaan yang dihadiri pembina UKM JQH eL-Fasya diteruskan dengan materi-materi yang telah dipersiapkan panitia. Mulai dari Ke-JQH-an, Leadhership, Struktur Organisasi dalam jajaran kepengurusan, hingga mengerti apa maksud dan tujuan divisi-divisi dari UKM JQH eL-Fasya.
Konsep OPTIKA yang begitu menarik tidak membuat bosan para peserta walaupun berlangsung selama dua hari satu malam. Setelah satu hari para calon anggota diberi wawasan tentang apa itu JQH serta apa yang ada didalamnya. Malam harinya panitia mengadakan masa keakraban (makrab) untuk menambah keakraban antara pengurus/panitia kepada para calon anggota, dalam makrab ini panitia mengadakan pensi dan pengenalan Mars JQH, disinilah para anggota seringkali saling mengakrabkan sesama calon anggota, para demisioner UKM JQH eL-Fasya pun tidak pernah ketinggalan dalam memeriahkan OPTIKA. Setelah makrab yang begitu meriah para calon anggota diberi kesempatan untuk beristirahat guna persiapan malam pembaiatan. 
Seperdua malampun tiba, para calon anggota dibangunkan oleh panitia untuk menunaikan sholat malam yang dilanjutkan istighosah. Setelah usai istighosah proses pembaiatan dimulai, pembaiatan yang dilakukan oleh Ketua Umum JQH eL-Fasya berlangsung khidmat. Setelah pembaiatan, calon anggota resmi menjadi bagian dari UKM JQH eL-Fasya yang diakhiri dengan mencium bendera merah putih sebagai rasa nasionalisme serta bendera kebanggaan UKM JQH eL-Fasya sebagai wujud ungkapan siap mengharumkan dan melambungkan tinggi kebesaran organisasi. Istirahat sejenak dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah sebagai proses berikutnya, yang dilanjutkan dengan olahraga bersama dan sarapan pagi.
Sebagai penutupan dari rangkaian acara OPTIKA. Para anggota baru melakukan screening sebagai proses mereka untuk memilih divisi apa yang akan difokuskan, dan dilajutkan dengan upacara penutupan yang diakhiri dengan pemberian anggota favorit dan kelompok favorit sebagai penghargaan perannya yang selalu membuat meriah kegiatan OPTIKA.
Banyak sekali kesan yang ada pada diri masing-masing anggota setelah mengikuti OPTIKA. Serta komitmen yang dibawanya dari OPTIKA untuk selalu menjaga nama baik UKM JQH eL-Fasya.

Posting Komentar

0 Komentar